Holtikultura
Universitas Muhammadiyah Malang
Holtikultura
Universitas Muhammadiyah Malang

Pusbang-Horti

PUSAT PENGEMBANGAN HORTIKULTURA (PUSBANG-HORTI)

 

Adalah sebuah kelembagaan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malangyang fungsinya menyelenggarakan pengembangan tri darma perguruan tinggi terutama dalam hal kajian-kajian, diskusi , publikasi, pelatihan, pendampinga, pengembangan kewirausahaan, serta kemitraan di bidang hortikultura, sebagai bentuk upaya turut mengembangkan sumberdaya manusia Indonesia sekaligus sebagai upaya optimasi potensi holtikultura Indonesia termasuk usaha-usaha pemanfaatan dan konservasinya.

 

Latar Belakang

 

Bidang pertanian secara luas sesungguhnya merupakan bidang yang sangat penting karena banyak menyangkut usaha-usaha pengembangan tanaman dan hewan untuk pemenuhan kebutuhan-kebutuhan masyarakat kita dan masyarakat dunia. Kebutuhan dasar berupa sandang, papan, makanan dan pakan tidak mungkin tercukupi dengan hanya mengandalkan potensi alamiah tanpa usaha tani yang memadai. Belum lagi menyangkut harapan masyarakat dunia terkait problem pemanasan global dengan berbagai implikasinya yang mulai terasakan, dan salah satu solusinya adalah gerakan revolusi hijau yang tentu tanggug jawab dan garapannya bidang pertanian.

            Kesadaran penting dan perlunya penguatan bidang pertanian dalam pembagunan tentu akan terjadi dalam waktu yang tidak lama lagi, karena tidak mungkin pembangunan dapat mengesampingkan hal yang dapat membuat tidak stabilnya pembangunan itu sendiri. Dapat dibayangkan ketika pemerintah acap kali diributkan akibat teriakan masyarakat atas kelangkaan dan kenaikan harga beras, kedelai, minyak dan lain-lain komoditas kebutuhan dasar. Sampai kapan mampu menyadarkan pemerintah hingga merasa perlu percepatan kebijakan yang khusus di bidang pertanian demi stabilitas nasional? Masyarakat dengan berbagai kelembagaan taninya harus terus menyadari hal ini dan memperjuangkan percepatannya.

   Pada kondisi demikian, ketika institusi pendidikan pendidikan di bidang pertanian juga ikut merasakan menurunnya minat masyarakat terhadap pendidikan pertanian dan bahkan sedikit institusi tersebut yang terpaksa dibubarkan. Maka institusi yang mampu bertahan dan melakukan terobosan-terobosan dalam kurikulum, model pembelajaran, sarana pembelajaran dan lain-lainnya akan memiliki daya tawar dikemudian hari ketika revitalisasi  dibidang pertanian dilakukan.

Universitas muhammadiyah malang sebagai perguruan tinggi swasta yang ikut berperan dalam pembangunan terutama melalui upaya-upaya memajukan pendidikan nasional, menyadari hal tersebut. Untuk itu pimpinan universitas member kebijakan yang tetap menyokong dilakukan pengembangan sarana dan prasarana di fakultas pertanian, perbaikan-perbaikan proses belajar mengajar dan lain-lainnya walau sekarang jumlah jumlah mahasiswanya relatif besar dibandingkan fakultas-fakultas lainnya.

Salah satu kebijakan yang dilakukan adalah dengan membentuk Pusat Pengembangan Holtikultura Universitas Muhammadiyah Malang. Lembaga ini dibentuk atas dasar pemahaman bahwa potensi pengembangan komonditas ini masih terbuka untuk dikaji dan dilakukan. Pengalaman menyelenggarakan East Flora Festival dibulan Mei tahun 2007, makin memantapkan keinginan Universitas Muhammadiyah Malang untuk berperan yang lebih dalam pengembangan komoditas hortikultura.

 

|     Download Profile     |     Struktur Organisasi     |     Program Kerja    |   Usaha dan Kegiatan      

Shared: